Sabtu, 09 Mei 2020

Statistika Non Parametrik

STATISTIKA NON PARAMETRIK
Dalam statistika proses pengolahan data yang diperoleh dari hasil penelitian dibedakan menjadi 2 jenis tipe pengujian data diantaranya pengujian data secara Statistik Parametrik atau Statistik Non-Parametrik. Sebelum melangkah lebih jauh kepada tools statistik spesifik pada data, ada baiknya kita pahami ke 2 jenis tipe pengujian data yang telah disebutkan agar pemilihan tools statistik yang akan diterapkan kepada data penelitian tidak menjadi keliru.
Statistika non parametrik adalah prosedur dimana kita tidak melibatkan parameter   serta tidak terlibatnya distribusi.
Contoh : uji keacakan, uji kecocokan (goodness of fit) dll.
Bila kita tidak menspesifikasikan sifat sebaran populasinya, maka umumnya kita tidak berhubungan dengan parameter. Oleh karena itu, sebagai pengganti statistika parametrik kita menggunakan statistika non parametrik

Manfaat statistika Non Parametrik :
1.     Nilai peluang hasil analisis dapat diperoleh dengan pasti.
2.    Dapat digunakan untuk menganalisis dalam jumlah sampel yang sedikit (n ≥ 6).
3.    Dapat digunakan untuk menganalisis data yang populasinya berbeda.
4.    Dapat dipergunakan untuk menganalisis data berskala nominal atau ordinal.
5.    Metode analisisnya relatif mudah dengan hanya menggunakan aljabar yang sederhana.
6.    Mudah dipelajari dan digunakan

Kelebihan Statistika Non Parametrik :
1.     Asumsi yang digunakan dalam jumlah yang minimum maka kemungkinan penggunaan secara salah juga kecil.
2.    untuk beberapa prosedur perhitungan dapat dilakukan dengan mudah secara manual.
3.    konsep-konsep dari prosedur ini menggunakan dasar matematika dan statistika yang mudah dipahami.
4.    prosedur ini dapat digunakan pada skala nominal atau ordinal.

Kapan non Parametrik digunakan :
1.     Bila hipotesisi yang diuji tidak melibatkan suatu parameter populasi.
2.    Bila skala pengukuran yang disyaratkan dalam statistika parametrik tidak terpenuhi  misalnya skala ordinal dan nominal.

Pertanyaan dan Pembahasan:
1.     Apa perbedaan Statistika Parametrik dan Non Parametrik?
Jawab : . Statistika parametrik merupakan ilmu statistika yang mempertimbangkan jenis sebaran/distribusi data, yaitu apakah data menyebar normal atau tidak. Pada umumnya, Jika data tidak menyebar normal, maka data harus dikerjakan dengan metode Statistika non-parametrik, atau setidak2nya dilakukan transformasi agar data mengikuti sebaran normal, sehingga bisa dikerjakan dg statistika parametrik. Contoh metode statistika parametrik: uji-z (1 atau 2 sampel), uji-t (1 atau 2 sampel), korelasi pearson, Perancangan Percobaan (1 or 2-way ANOVA parametrik), dll. Sedangkan Statistika non-parametrik adalah statistika bebas sebaran (tdk mensyaratkan bentuk sebaran parameter populasi, baik normal atau tidak). Statistika non-parametrik biasanya digunakan untuk melakukan analisis pada data berjenis Nominal atau Ordinal. Data berjenis Nominal dan Ordinal tidak menyebar normal. Contoh metode Statistika non-parametrik:Binomial test, Chi-square test, Median test, Friedman Test, dll.
Singkat kata perbedaannya  kalau datanya memiliki sebaran atau distribusi normal, maka digunakan statistika parametrik. Kalo data tidak memiliki sebaran normal, maka digunakan statistika nonparametrik.
2.    Kapan statistika non parametrik digunakan?
Jawab : Data yang digunakan memiliki skala yang tidak memadahi untuk diuji secara parametrik serta Asumsi penting data untuk diuji secara parametrik tidak terpenuhi
3.    Bagaimana ciri-ciri statistika non parametrik?
Jawab : Prosedur non-parametrik -> fokus hanya pada beberapa karakteristik dibandingkan parameter populasi serta Prosedur bebas sebaran (free-distribution) -> tidak terpaku pada asumsi distribusi data tertentu
4.    Apa kata lain dati statistika non parametrik?
Jawab : Distribution-free Statistics
5.    Siapa yang pertama kali mnggunakan istilah non parametrik?
Jawab : Wolfowitz

Daftar Pustaka
Arini. 2011. Statistika Non Paramerik. https://arini2992.blogspot.com/2011/04/statistika-non-parametrik.html. (diakses tanggal 9 Mei 2020)
Unknown. Statitika Non Parametrik. https://www.mobilestatistik.com/parametrik-non-parametrik/. (diakses tanggal 9 Mei 2020)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis Data